SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

PELITA NUSANTARA

TERAKREDITASI BAN PT

VISI MISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK

PROGRAM STUDI REKAYASA PERANGKAT LUNAK

STMIK PELITA NUSANTARA

 

 

1. Sejarah Program Studi

Program studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu rekayasa perangkat lunak yang melandasi rancang bangun aplikasi. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik, dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa perangkat lunak yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, dan implementasi. Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak saat ini baru berdiri dan mendapatkan izin pembukaan program studi dari Kementerian Rieset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Nomor : 69/KPT/I/2019 pada tanggal 08 Februari 2019.

 

2. VISI, MISI, DAN TUJUAN

1.2.1 Visi :

”Menjadi program studi yang inovatif, unggul dan berstandar nasional dalam bidang rekayasa perangkat lunak di indonesia pada tahun 2026”.

 

1.2.2 Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang teknologi rekayasa perangkat lunak yang berorientasi pada kebutuhan dunia usaha dan dunia industri
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif dan kreatif dalam menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Mendidik dan menghasilkan lulusan yang potensial dalam pengembangan aplikasi mobile sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi
  4. Menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, lembaga pendidikan, serta lembaga pemerintahan yang produktif dan berkelanjutan di tingkat nasional

 

1.2.3 Tujuan :

Sejalan dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan tinggi di STMIK Pelita Nusantara, Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak memiliki tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut:

  1. Menghasilkan Sarjana Komputer yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang teknologi informasi terutama dalam rekayasa perangkat lunak, serta mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dengan melibatkan mahasiswa dengan tema penelitian yang sesuai dengan bidang teknologi informasi atau lintas ilmu sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri serta pemerintahan.